Mimpi Digigit Anjing

Tangis Pilu Warga Ruli Lembah Baloi Persero
Mimpi Digigit Anjing, Uang Simpanan Ludes Terbakar

BATAM – Kebakaran yang menghanguskan 300-an rumah di ruli Lembah Baloi Persero, meninggalkan kesedihan mendalam bagi 1.173 warga yang tinggal di sana. Selain kehilangan tempat tinggal, mereka juga kehilangan harta benda. Bahkan, niat pulang kampung terpaksa tertunda, karena uang mereka yang sedianya digunakan untuk pulang ikut terbakar.
========

Rabu (8/11) pagi, gerimis membasahi kawasan Lubukbaja dan sekitarnya. Tepat di atas perkampungan ruli Lembah Baloi Persero asap hitam pekat membumbung tinggi mengagetkan orang-orang yang melihatnya. Lalu teriakan kebakaran pun menggema.

Di antara laju sejumlah sepeda motor yang menuju arah kebakaran, Nani (46) berlari bertelanjang kaki. Tubuhnya yang gemuk, dipaksanya mengikuti langkah kakinya yang semakin lamban. Peluhnya bercucuran, namun Nani tak peduli.

Ia terus berlari menuju rumahnya di Lembah Persero. Beberapa tetangganya yang ia temui di jalan, ditanyainya nasib rumahnya. Namun tak muncul jawaban memuaskan dari mereka. Sehingga ia terus berlari.

Di gang pintu masuk, ia melihat tetangga-tetangganya sudah mengangkati barang-barangnya. Maka ia pun mencoba masuk, namun ia ditahan oleh sejumlah warga. Api sudah terlanjur membesar, sudah tak ada lagi kesempatan menyelamatkan barang-barang.

Melihat rumahnya tak lagi bisa diselamatkan, Nani langsung terduduk. Ia bersandar ke tembok, sambil mengelus dadanya. Tak terasa air matanya menetes membasahi pipinya yang sudah keriput.

Terbayang olehnya, uang Rp1,5 juta miliknya yang ia simpan di bawah tumpukan baju. Kemudian kartu BLT-nya yang ia simpan di tempat yang sama, semua hilang sudah. Hilang pulalah harapannya untuk pulang kampung ke Bandung, Januari mendatang.

”Semua habis. Tak ada yang bisa diselamatkan. Yang saya miliki saat ini, hanya baju yang ada di badan,” tutur Nani pilu.

Nani mengatakan, saat kebakaran ia sedang berada di Perumahan Baloi Mas bekerja sebagai tukang cuci dan gosok baju. Saat asik bekerja, ia diberi tahu pemilik rumah, bahwa lokasi rumahnya terjadi kebakaran. Sehingga tanpa mempedulikan apa-apa lagi, ia berlari. untuk menyelamatkan uangnya. Namun saat ia tiba di lokasi, semuanya sudah habis tak tersisa.

”Setiap bulan saya dapat uang Rp500 ribu dari bekerja sebagai penggosok baju. Uang itu masih dikurangi biaya hidup dan lainnya. Selebihnya saya tabung, hingga akhirnya saya punya uang Rp1,5 juta buat pulang kampung. Namun, sekarang sudah tak ada lagi,” ujarnya.

Nani tak sendirian. Saat sedang kebakaran ada saudaranya Cucu (51) yang juga bekerja sebagai tukang gosok baju di Baloi Mas. Mereka terpisah, saat berlari menuju lokasi kebakaran.

”Tadi malam, saya mimpi digigit anjing. Rasanya sakit sekali. Rupanya inilah makna mimpi saya. Semua habis,” tukasnya, sembari memperlihatkan tumitnya.

Di sampingnya, masih ada Rojali yang marah pada Sutarmin isterinya, karena tak menyelamatkan uang milik mereka. Saat kebakaran Sutarmin yang panik hanya menyelamatkan baju dan barang-barang yang ada di dekatnya. Sementara uang simpanan mereka hangus terbakar.

Sutarmin hanya terdiam, saat suaminya itu memakinya. Ia juga tak melawan saat Rojali menempelengnya. Perempuan itu menyadari kemarahan suaminya. Warga yang melihat pertengkaran suami isteri itu mencoba menenangkan Rojali.

Kebakaran hebat itu menjadi pukulan hebat di dada warga Perkampungan Lembah Persero itu. Banyak di antara mereka yang menangis, karena kehilangan harta benda. Sejumlah warga lain terlihat memeluk temannya yang menangis, sebagai bentuk empati.

”Ini sudah musibah. Semuanya sudah terjadi. Kita harus rela,” ujar perempuan separuh baya yang memegang pundak perempuan lain di sampingnya di Baloi Persero.

Di beberapa gang sejumlah warga duduk berkelompok. Pemandangan ini membuat kesan sedang ada musibah semakin terasa. Apalagi, wajah-wajah kuyu masih terlihat.

Beberapa warga dibantu staf kelurahan Baloi Indah dan Kecamatan Lubukbaja bahu membahu membawa ember untuk menyiram api yang masih terlihat berkobar. Pemko Batam lalu mendirikan tiga posko untuk tempat tinggal sementara para korban kebakaran itu.***

One response to “Mimpi Digigit Anjing

  1. kasihan ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s