Waria Nikah Dua Kali

Mami Yuli, begitu ia sering disapa. Meski tak lagi mengurus para waria di Kota Batam, ia masih seringdimintai bantuan polisi setiap kali ada masalah yang melibatkan waria. Di balik gerakannya yang gemulai, ia sudah dua kali menikah dengan perawan.
  *********

RUMAH nomor 2 di Blok III itu terlihat sepi, Ahad (6/1) siang. Lima ekor kucing terlihat bermalas-malasan di teras rumahitu. Rusli, sang pemilik rumah duduk santai di atas sebuah kotak triplek, sambil mengisap sebatang rokok. Rusli atau biasa disapa Mami Yuli, tak lain adalah tetua waria di Batam. Ia masih disegani di kalangan para waria, meski kini tak lagi mengurus mereka.

’’Sejak tahun 2000-an saya tak lagi mengurus mereka. Saya banyak di rumah, banyak ibadah,”tutur pria yang kini, mengaku lebih suka dipanggil ’’Tulang” alias paman.

Seperti siang itu, ia bersiap-siap ke masjid untuk Salat Zuhur berjamaah. Sejak tiga tahun lalu, katanya, ia hampir takpernah melewatkan salat jamaah. Subuh pun, jam empat pagi, ia sudah terbangun.

Aktivitasnya itu, tentu sangat kontras dibandingkan dengan pekerjaannya di tahun 80-an hingga 90-an di Batam. Pertama kali menginjakkan kaki di Batam tahun 1983, Rusli termasuk waria yang gigih dan ulet bekerja. Maklum saja, iamerupakan tulang punggung keluarganya. Setiap kali mendapatkan uang, ia kirimkan ke keluarganya di Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Di tahun-tahun pertamanya itu, ia berkeliling Batam dan pulau-pulau sekitarnya, membawa keranjang berisi kosmetikdan alat kecantikan, menjajakan jasa mengeriting rambut. Saat itu, model rambut keriting sedang tren. Ia blusukan ke komplek-komplek perumahan dan perkampungan. LokalisasiSamyong juga dijamahnya. Sekali mengeriting, ia mendapatkan bayaran Rp3 ribu. ’’Saya juga jual belibaju. Saya beli di Singapura, lalu menjualnya di Batam,” tukasnya.

Meski sejak lahir sudah memiliki sifat ”wanita”, Rusli mengaku tak pernah menjajakan diri seperti berdiri dipinggir-pinggir jalan untuk menarik pelanggan. ”Kadang saya kencan juga sama laki-laki, tapi saya tak menjualitu,” tukasnya sambil mempraktikkan, isyarat hubungan seksual para kaum homoseksual.

Perkenalannya dengan para waria alias banci di Batam, dimulai di tahun 90-an. Saat itu, semua waria di Batamdikumpulkan di Polres Barelang, (sebelum menjadi Poltabes). Oleh kepolisian, ia diangkat menjadi ketuanya, orang yangmengurus dan mengkoordinir waria. Saat itu, anggotanya mencapai 80-an orang. Ada beberapa waria yang dibantunya ’’beroperasi” diSingapura, seperti di Daskar Road dan sekitarnya.

Mulai dari pembuatan paspor hingga menyewakan uang tunjuk,sebagai syarat masuk Singapura, waktu itu, ia pinjami.Namun, semua bantuannya itu kadang tak berbalas. Ia malah sering ditipu para waria tersebut. Kalau dihitung-hitung,katanya, nilainya lebih dari Rp50 juta. Hal-hal seperti inilah yang membuat ia capek mengurus para waria itu. Padahal diera 90-an, katanya, semua waria di Batam, bersikap baik. Hampir tak ada yang berperilaku negatif.

Tahun 1997, menjadi momentum yang mengubah hidup Rusli. Ia dinikahkan orang tuanya dengan perempuan tulen yang masih perawan di kampungnya. Saat itu, umur Rusli 47 tahun. Sedangkan istrinya, berumur 19 tahun, baru lulusSMA. Saat itulah, terjadi perang batin dalam jiwanya. Namun, ia memasrahkan diri. Hasilnya, ia mulai mencintai perempuan. Bahkan istrinya itu beberapa kali hamil, namun beberapa kali pula keguguran.

      ******

Tulisan ini, pernah dimuat di tempatku bekerja. Saya masukkan ke blog-ku, karena akhir-akhir ini, banyak orang-orang yang nelpon, nanya alamat Mami Yuli yang sudah jadi ustad itu.

Saat wawancara sama dia, saya sama sekali tak mengira, dia sudah pernah menikah. Dua kali lagi. Ternyata,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s