Ria Saptarika yang Sering Disapa Mbak

Saya sengaja memposting tulisan soal Wakil Wali Kota Ria Saptarika. Tulisan ini pernah dimuat di tempat saya bekerja, tapi rasanya tak salah kalau kupasang juga di blog ini. Pekan lalu, ia memberi komentar di blog ini. Kepada saya, ia mengaku selalu menyempatkan waktu membuka blog dan membalas komentar dan saran yang masuk ke blog-nya.

********

Sore itu, di suatu hari di bulan Februari ia menghubungi saya. Ria mengaku sedang berada di depan komputer. Ia mengecek komentar-komentar yang masuk di blognya.

”Hari ini, ada seratus pengunjung yang masuk,” katanya. Sampai sore itu, ada 6.071 pengunjung yang mengklik blog pribadi Wakil Wali Kota dari PKS, itu.

Untuk urusan menjawab komentar, Ria melakukannya sendiri. Biasanya, ia lakukan sepulang dari kantor atau hendak tidur. Pagi harinya, Ria sempat juga membuka blog-nya. Sedangkan urusan memasukkan berita, Ria serahkan ke stafnya.

”Kalau komentar saya jawab langsung. Kalau ngisi berita, itu saya serahkan ke staf,” tukasnya.

Sebagai Wakil Wali Kota, katanya, ia memiliki agenda yang cukup padat. Karena itulah, blog-nya hanya berisi berita-berita yang ia posting dari media. Berita-berita itu, biasanya berita yang berkaitan dengan Pemko Batam. Seperti berita soal isu keretakannya dengan Wali Kota Ahmad Dahlan atau berita mobil dinas barunya yang belum juga ia pakai

Berita-berita itulah yang biasanya di komentari pengunjung dan dijawab langsung oleh Ria. ”Ada juga yang protes, kenapa saya tak menulis. Tapi, karena saya sangat sibuk, jadi baru bisa membalas komentar,” katanya.

Seperti soal taman internet di Engku Putri yang digagasnya, sore itu dikomentari sekitar 22 pengunjung. Ada pengunjung yang menyapa Ria dengan sebutan mbak. Ria menjawab sapaan itu dengan ucapan terima kasih. ”Tapi, saya bukan mbak lho,” tulis Ria di blog-nya.

Perkenalan Ria dengan blog, diawali tahun 1997. Saat itu, blog belum begitu populer. Dua tahun kemudian, saat bekerja di PT Thomson, ia mulai memiliki blog pribadi, http://www.geocities.com/zhafir2000.com.

Namun, blog itu tak begitu ia up date. Baru kemudian, saat menjadi Wakil Wali Kota Batam, Maret 2006 silam, ia memiliki domain pribadi http://www.riasaptarika.com. Dan empat bulan lalu, ia membuat blog baru http://www.riasaptarika.web.id

Memiliki blog, kata Ria, ibarat melampaui dua-tiga pulau sekali kayuh. Karena di satu sisi, ia bisa meluangkan hobinya di bidang teknologi informasi. Di sisi lain, ia bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat Batam.

”Masyarakat bebas mau ngomong apa tanpa ada batasan. Sebagai Wakil Wali Kota, saya menjawab persoalan di Batam. Sebagai pribadi, saya berbagi saran dengan para blogger lainnya,” katanya.

Tak hanya Ria yang memiliki blog. Isteri dan dua anaknya juga punya blog. http://Www.suparti.blogspot.com milik isterinya, http://www.zhafir.blogspot.com dan http://www.zhilla.blogspot.com milik dua anaknya.

Ria punya mimpi wajudkan Batam sebagai kota cyber. Ia mengaku ingin membudayakan internet dan teknologi informasi ke masyarakat Batam. Karena itu, ia rajin mengajak pihak-pihak lain membangun taman internet di Batam.

”Kita punya sasaran mewujudkan Batam sebagai cyber city. Ini memungkinkan untuk dilakukan, karena sesuai indeks pembangunan manusia (IPM), pengetahuan teknologi internet masyarakat Batam sudah cukup baik,” kata Ria.

Taman-taman internet, kata Ria, bisa dimanfaatkan oleh warga Batam untuk mengakses informasi. Terutama oleh pelajar dan mahasiswa yang tak mempunyai cukup uang untuk ke warnet atau cafe.****

2 responses to “Ria Saptarika yang Sering Disapa Mbak

  1. Pingback: Ria Saptarika » Ria Saptarika yang Sering Disapa Mbak (Berkunjung ke Blog tetangga…6)

  2. Pingback: Ria Saptarika » Nama ku Ria Saptarika (True Story)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s