Manusia Sunnah di DPRD Batam

Jangan pilih tikus”Menurutmu, siapa anggota Dewan yang masih pantas bertahan di sini?”

Pertanyaan itu berkali-kali diajukan padaku. Baik oleh anggota DPRD Batam sendiri, atau orang luar yang mengamati polah wakilnya dari balik pagar. Saya kadang tergoda untuk menjawab, namun lebih banyak hanya tersenyum.

Tadi, terpikir olehku untuk menjawab pertanyaan itu di sini. Mungkin lewat blog, jawabanku tak begitu akan berefek. Dari pada kutulis di media tempatku bekerja, lebih aman kutulis di sini saja.

Saya menyebut, anggota Dewan yang masih pantas bertahan di DPRD Batam sebagai manusia sunnah. Tentu saja saya menilai seperti itu tanpa menilai tingkah lakunya. Saya tak menilai sisi moral seseorang. Karena banyak yang tersembunyi. Apalagi di dunia politik. Saya menilainya dari sisi kinerja. Mereka yang saya sebut masih pantas bertahan itu, karena bisa mewarnai DPRD Batam.

Orang pertama mungkin Soerya Respationo. Soerya seperti pil penenang, kalau DPRD bergolak. Berkali-kali Soerya membuktikan bisa menjadi pil penghilang rasa sakit itu. Karismanya kuat. Banyak anggota Dewan yang segan kepadanya. Sayang, tahun depan ia pindah ke DPRD Kepri.

Aris Hardy Halim juga masuk jajaran manusia sunnah. Banyak suara-suara miring tentang dia, terutama yang menyebutnya munafik. Namun, menurut saya Aris tetap pantas untuk bertahan di DPRD Batam. Tak ada anggota Dewan yang lebih menguasai soal anggaran dibandingkan politisi PKS ini.

Chablullah Wibisono juga demikian. Ia low profile. Namun terbuka. Ia sering jadi bemper. Tak bisa berbohong, namun penakut. Banyak cerita-cerita off the record yang saya dapat dari dia. Wartawan suka mengkonfirmasi kebobrokan Dewan kepadanya.

Ruslan Kasbulatov, juga pantas masuk kategori ini. Ia keras dan sedikit arogan. Ia sering pusing jika tak punya uang. Tak pintar, kurang cerdas namun kritis. Ia orang yang fleksibel dan tulus dalam membantu orang lain.

Yudi Kurnain juga bisa disebut manusia sunnah di DPRD Batam. Wawasan politiknya dalam. Cukup cerdas sebagai politisi, tak menyukai hal-hal teknis dan ahli dalam menjatuhkan seseorang. Ia tak pandang buluh dan sering memberikan komentar kontroversi. DPRD Batam membutuhkan orang seperti Yudi.

Irwansyah termasuk anggota Dewan yang kritis. Namun, suka berhati-hati. Sebelum berkomentar, ia selalu berpikir besoknya akan seperti apa berita tentang dirinya. Tak suka berpolemik, punya banyak kepentingan namun memikirkan kepentingan warganya.

Zilzal juga masuk yang pantas bertahan. Ia kritis dan dekat dengan media. Banyak rahasia-rahasia di DPRD Batam terkuak darinya. Sayang ia takut sama partainya. Tahun depan, ia tak dicalonkan lagi.

Edi Robert Siahaan bisa disebut seorang pemimpin. Ia orator ulung dan menguasai banyak persoalan. Kadis-kadis pada takluk, jika berdebat dengannya soal proyek-proyek. Robert pantas bertahan. Namun, tahun depan ia bertarung di Kepri.

Onward Siahaan termasuk manusia sunnah. Insinyur yang juga mantan pegawai Otorita Batam ini, cerdas, kreatif dan kritis. Ia tak menyukai hal-hal kontroversi dan tak mau mengakui jika ada yang bobrok di Dewan.

Satu lagi sebetulnya pantas untuk bertahan. Sayang, ia dicopot oleh partainya. Reinhard Hutabarat orangnya. Ia tak pernah kompromi. Apapun yang menurut dia tak masuk akal, pasti disentilnya. Pemko Batam termasuk yang sering ia bidik. ”Banyak yang tak beres di Pemko,” katanya.

Selebihnya, saya rasa biasa-biasa saja. Bahkan banyak anggota Dewan yang saya pikir tak bisa memberi warna. Ada yang tak pernah muncul di Dewan atau sibuk dengan urusan pribadinya.****

One response to “Manusia Sunnah di DPRD Batam

  1. Usul satu lagi wartawan yang sunnah di Dewan Pak Hamid. Mengeuasai percaturan politik di sana, he he he. Saya pikir figur di atas memang tepat. Ruslan, Yudi, Aris, Irwansyah akan berebut jadi Ketua tahun depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s