Yudi Kurnain dan Sepeda

yudi-kurnaen-dewan-naik-sepeda-tolak-harga-bbm1-f-cipi-ckandinaMatahari bersinar terik, saat Yudi Kurnain, Wakil Ketua Fraksi PAN DPRD Batam mengayuh sepedanya, Selasa, kemarin. Rambutnya yang gondrong dipermainkan angin.

Sepanjang perjalanan dari rumahnya di Duta Mas ke kantor DPRD Batam, Yudi berulang kali menahan goyangan sepedanya. Hembusan angin dari truk-truk yang melaju di sampingnya, hampir membuatnya jatuh.

Di belakangnya, sebuah mini van hampir menabraknya. Pengendara mini van itu bergerak ke samping Yudi, menyapanya sambil tersenyum. Ups, ternyata yang naik mobil AA Sany, Ketua DPD PAN Batam, bos Yudi di partai berlambang matahari itu.

Yudi memang termasuk anggota Fraksi PAN yang terus naik sepeda ke Gedung Dewan. Sudah lima bulan ia melakoni ke kantor bersepeda itu, sebagai sikap keprihatinan PAN menyikapi naiknya harga BBM.

Ayo bersepeda, katanya, juga sebuah simbol konkret mengajak masyarakat menghemat energi. ”Dengan bersepeda kita bisa menghemat energi, tak ada polusi, badan sehat, kita juga transparan dan tulus karena tak takut diapa-apain di tengah jalan,” tuturnya.

Sebelum program ini dibuat, kata Yudi, ia sudah latihan naik sepeda di sekitar komplek perumahannya. ”Jadi, sekarang sudah terbiasa. Saya malah lebih sehat,” ujarnya.

Dengan naik sepeda, kata Yudi, ia bisa menghemat uang untuk membeli bensin. ”Saya komitmen melakukan program ini. Saya akan terus naik sepeda sampai masa jabatan saya habis,” kata Yudi, kemarin.

Ya, tulisan ini memang soal Yudi dan sepedanya. Sampai lima bulan ini ia komit dengan pilihannya. Beda dengan rekan-rekan PAN lainnya. AA Sany, Edward Brando, Setyasih, Mawardi Harni sudah melupakan komitmen mereka naik sepeda ke kantor Dewan. Satu per satu gugur.

Sampai kapan, Yudi naik sepeda ke kantor, mungkin hanya waktu yang bisa menjawab. Kita tunggu saja.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s