Suka Duka Seorang Humas

ADANG Gumilar menutup makan malamnya dengan satu batang rokok, Senin, awal Desember lalu. Sambil berselonjor kaki, Humas PT Adhiya Tirta Batam (ATB) itu duduk lesehan di teras rumahnya, di Tiban Indah Blok M/I, Sekupang. Sendirian ia mengisap pelan-pelan rokoknya.

Jarum jam menunjuk pukul setengah sembilan. Belum cukup larut. Adang masih ingin bersantai memandangi teras rumahnya yang dilengkapi taman rumput. Belum waktunya bagi dia pergi ke peraduan.

Rasa pedas masakan isterinya juga masih ia rasakan di ujung lidahnya. Tiba-tiba namanya dipanggil. Di depan pagar, sekitar sepuluh orang bertandang, memanggil-manggil nama Adang. Jelas bukan panggilan bersahabat, mereka yang memanggil nama Adang terlihat gelisah.

Tamu itu ternyata warga Taman Sari Hijau. Mereka datang mengadukan air ATB yang tak mengalir. ”Kami ingin malam ini juga air datang ke rumah kami,” kata mereka.

Adang mencoba menenangkan tamu-tamunya. Kepada mereka, ia berjanji akan mengirimkan tangki air. ”Saya segera menelpon ke kantor agar perumahan Taman Sari Hijau segera dikirimi tangki air,” kata Adang.

Pengalaman Senin malam itu, hanya sekelumit kisah bagaimana Adang menjalani tugasnya sebagai seorang Humas. Di lain waktu, ia kerap terjaga di malam hari karena ponselnye berdering. Lagi-lagi pengaduan soal air yang macet hinggap di ponselnya.

”Itulah dunia seorang Humas, harus siap 24 jam,” kata Adang. Tak jarang ia diomeli, dicaci dan diancam. Hal-hal seperti ini membuat ia lama-lama kebal juga.

Tapi, menurut Adang, baru di dunia Humas ia bisa menjiwai sebuah pekerjaan. Ia tak hanya menjadi penyampai kebijakan perusahaan, tapi juga penyampai aspirasi warga, terutama mereka yang membutuhkan pelayanan air bersih.

ATB, kini malah sangat menganggap penting keberadaan Humas. ”Mulai tahun depan, Humas di ATB akan jadi departemen tersendiri,” tukas Adang.

Ade Sulistiyani Humas PLN juga menjalani hari-hari seperti Adang. Apalagi saat listrik di Batam sempat berhari-hari byar pet, saat krisis gas melanda Batam. Saat itu, tiada hari tanpa pengaduan atau komplain yang dialami Ade.

Pernah, kata Ade, ada seorang pelanggan PLN yang terus menelpon Ade dari pukul 12 malam hingga pukul dua dini hari. Dari ujung telepon, pelanggan PLN itu mengancam akan terus menelpon ponsel Ade.

”Katanya, anaknya tak bisa tidur karena listrik mati. Ia minta PLN segera menghidupkan listrik,” tutur Ade.

Ade saat itu, juga bernasib sama dengan pelanggan tadi. Anaknya juga tak bisa tidur, gara-gara listrik di rumahnya mati. AC jelas tak menyala. Sehingga ia memilih mengipasi anaknya itu.

Tapi, Ade tak bercerita soal kondisinya itu ke pelanggan yang marah tadi. Ia memilih menjelaskan masalah PLN yang sedang krisis gas itu ke pelanggan tadi. Ia minta pelanggan tersebut bersabar, menunggu listrik menyala kembali.

Kesibukannya sebagai Humas, kata Ade, juga membuat ia jarang berinteraksi dengan anaknya. Ade sudah berangkat kerja, sebelum anaknya pergi ke sekolah. ”Saya malah jarang melihat anak saya mengenakan seragam sekolahnya,” ujarnya.

Tapi, seperti Adang, Ade juga sangat menyukai dunia kehumasan. Di Humas, kata Ade, ia banyak kenal orang. ”Juga banyak ditelepon pelanggan, padahal saya tak ngasih mereka nomor telepon,” tukasnya.

Yusfa Hendri, Kabag Humas Pemko Batam juga menikmati tugasnya itu. Ponselnya aktif 24 jam. Ia selalu siap memberi keterangan kepada wartawan berkaitan dengan kebijakan-kebijakan Pemko Batam.

Sebagai Humas sebuah insitusi pemerintah, Yusfa mengaku harus mempelajari semua masalah. Mulai dari permasalahan jalan, lampu, banjir, pembangunan drainase, bus, pembangunan sekolah, soal Puskesmas hingga masalah KTP, harus ia kuasai.

Kerja Humas yang fleksibel, tetap tugas di hari libur, tak membuat Yusfa mengeluh. Ia mengaku enjoy. ”Kadang kalau hari libur ada acara yang harus saya ikuti, anak-anak saya bawa ikut serta,” katanya.***

One response to “Suka Duka Seorang Humas

  1. Humas.. oooh Humas😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s