Syamsul Bahrum, Sang Ketua

syamsul-bahrumNama Syamsul Bahrum, hampir tak pernah hilang di setiap permasalahan yang hendak diselesaikan Pemko Batam. Bukan karena ia bermasalah, tapi karena ia selalu nongol sebagai ketua tim. Tim ini, tim itu, selalu ia ketuanya. Tak jarang, ia dituding tak efektif.
II

”Abang masih rapat. Nanti diberitahu.” Bunyi pesan singkat elektronik (SMS) seperti itu, biasa dikirim Asisten Ekbang Pemko Batam Syamsul Bahrum. Hampir tiap hari, ia rapat dari satu permasalahan ke permasalahan yang lain.

Syamsul Bahrum seperti tak ada bandingnya di Pemko Batam. Ia selalu menjadi orang pertama yang dipilih Wali Kota Ahmad Dahlan untuk mengetuai semua tim yang dibentuknya. Bahkan, di setiap kunjungan Dahlan ke sejumlah kecamatan atau pembukaan sebuah even, perkenalan untuk Syamsul Bahrum selalu lebih istimewa dibandingkan dengan pejabat eselon II lainnya.

”Inilah Doktor Syamsul Bahrum. Ia lebih terkenal dibanding saya. Otaknya bergeliga, lulusan Australia,” kata Dahlan, di hampir kesempatan memperkenalkan Syamsul Bahrum.

Keistimewaan Syamsul Bahrum, bisa dilihat dari jumlah tim yang ia pimpin. Tim Swastanisasi Sampah, Tim Gertak DBD, TIm Penataan PK-5, Tim FTZ Batam, Tim Konsesi Air Pemko Batam, Tim Parkir Berlangganan, Tim Pengendalian Banjir, Tim Pemulangan TKI Bermasalah, Tim Pengkajian UMK Batam, Tim One Stop Service Pemko Batam, Tim Penanganan Kemiskinan Perkotaan, Tim Pelimpahan Wewenang Wali Kota ke Camat dan lain-lain.

”Ada sekitar 16 tim yang saya ketuai,” ujar Syamsul.

Saking banyaknya tim yang ia pimpin, dalam sehari ia bisa dua kali rapat. Itu belum lagi berkoordinasi melalui telepon. Syamsul juga merupakan pejabat di Pemko Batam yang sering ke luar kota, baik ke Jakarta maupun ke Singapura dan China.

Syamsul juga sering nongol di koran. Hampir tiap hari ia diwawancarai wartawan tentang permasalahan ini dan itu. Ia juga sering tampil dengan ide-ide segar, yang kadang terlihat sulit diterapkan di Batam.

Dengan banyaknya tim yang ia pimpin, tak ayal tudingan miring mengalir kepadanya. Syamsul dianggap tak efektif, terlalu banyak konsep tapi minim realisasi.

Namun, tudingan seperti itu dianggapnya biasa saja. Ia mengatakan, sebagai ketua tim, ia bekerja tak sendirian. Ada pelaksana teknis yang mengimplementasikan konsep-konsep tim di lapangan.

”Seperti masalah swastanisasi sampah misalnya, kan pelaksananya Dinas Pasar dan Kebersihan. Soal parkir berlangganan, pelaksananya Dishub. Lagi pula, yang milih kan Wali Kota. Saya sebagai bawahan, wajib melaksanakan perintah,” kata Syamsul.

Apa yang diungkapkan Syamsul mungkin ada benarnya, jika menyimak apa yang diungkapkan Wakil Wali Kota Ria Saptarika. Dalam setiap pembentukan tim, katanya, pejabat lain di lingkungan Pemko Batam seperti enggan ditunjuk sebagai ketua tim. Sehingga, Syamsul Bahrum terus yang dipilih.

”Ia orangnya lincah, bisa diandalkan. Kadang, saat yang lain banyak diam, ia bersedia menjadi ketua tim,” tutur Ria, beberapa waktu lalu.

Namun, kata Ria, ia setuju perlu ada orang baru di lingkungan Pemko Batam yang bisa menjadi ketua tim selain Syamsul Bahrum. ”Kita lihat nanti,” katanya.

Syamsul sendiri mengaku enjoy dan tak terlalu terbebani dengan banyaknya tim yang ia ketuai. Ia mengaku masih bisa berbagi waktu dengan keluarganya. Caranya, dengan menyediakan waktu khusus buat istri dan anak-anaknya.

Di akhir pekan, kata Syamsul, ia biasa membawa anak-anaknya nonton film. Film aksi, dengan bintang-bintang seperti Jacky Chan, Arnold Schwarzenegger dan lain-lain menjadi favorit tontonan di akhir pekan.****

One response to “Syamsul Bahrum, Sang Ketua

  1. Asslm.ww. Boss, emang ruuaarr biasa dgn 16 team beyond your control .. seorang Doktor .. ide creative tdk diragukan .. hanya perlu orang-2 yang bisa menterjemahkan ide-2 tersebut .. takut nya idenya terlalu kedepan .. shg kurang bisa di-implementasikan .. sayang ide-2 nya.
    Mesti ada vehicle for Batam-1 .. bravo Boss Bahrum .. Halaqoh hrs tetap jalan ..
    Tetap semangat dan semoga makin sukses .. wassalam STP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s