KTP Ekspres Rp350 Ribu. Mau?

identitasSembilan tahun lalu, saya pertama kali menginjakkan kaki di kota ini. Dulu, saya cuma jalan-jalan ke Batam di sela-sela libur kuliah. Baru tiga tahun kemudian, saya menetap di sini.

Saya ingat betul. Hanya sehari setelah tiba, saya langsung disodori uang Rp200 ribu oleh kakakku. ”Buat bikin KTP,” katanya.

Saya agak terkejut. Tapi kulakukan ”perintahnya” itu. Segala berkas yang saya bawa, surat pindah dan lainnya saya simpan saja. Di kantor Camat Seibeduk, saya bertemu dengan seorang kepala seksi. Kepadanya, saya serahkan uang itu. Tak lama, saya langsung difoto. Minggu depan, KTP itu siap.

Saya menulis pengalaman ini, berhubungan dengan rencana Pemko Batam yang akan menerapkan KTP Ekspres. Tiga jam selesai, bayar Rp350 ribu. Tulisan saya di batampos.co.id soal KTP itu, dibaca sekitar 410 pembaca, dikomentari 28 orang.

Saya orang yang setuju-setuju saja atas rencana itu. Nantinya, kalau toh Pemko Batam bisa membuat KTP selesai dalam tiga jam, mungkin bisa-bisa tak akan lagi Rp350 ribu. Siapa tahu, tahun 2010 nanti, saat banyak calon wali kota berkampanye, akan ada yang berkampanye KTP selesai tiga jam itu gratis.

Toh, KTP saya baru habis masa berlakunya 2013 nanti. Mungkin masih akan melewati pemilihan wali kota baru. Yang mudah-mudahan, ada yang menjanjikan KTP gratis, tiga jam itu. Toh, Pak Dahlan dan Pak Ria, telah menggratiskan perpanjangan KTP di awal kepemimpinannya. Meski dalam rancangan Perda yang baru itu, perpanjangan KTP nanti tak gratis lagi.

Saat kuungkapkan dukungan saya soal KTP Ekspres itu, M Zilzal, anggota DPRD Batam yang satu partai dengan Wakil Wali Kota Ria Saptarika, menyebut saya ikut-ikutan membodohi masyarakat. Kubilang padanya, itu program bagus, terobosan agar calo tak lagi marak.

”Itu pembodohan. Pemko hanya mikir dapat duit. Mau tingkatkan pelayanan, tapi sedikit-sedikit minta duit. Kemana pajak dan retribusi yang dibayar masyarakat,” kata Zilzal.

”Kan yang standar ada. Warga Batam mau bayar mahal, asal dapat KTP cepat selesai. Kalau tak butuh KTP cepat, masih bisa bikin yang dua minggu,” kataku.

”Tak bisa. Kami akan tanggapi soal ini,” tukasnya. ”Kubilang sama Pak Ria, kalau tak mendukung,” kataku. ”Bilang aja,” kata Sekretaris FKS DPRD Batam, itu.

Dalam Ranperda tentang Administrasi Kependudukan Kota Batam yang merupakan perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2001 tentang Perdaduk, pembuatan KTP dengan sistem percepatan atau KTP Ekspres itu dengan jangka waktu penyelesaian tiga jam, retribusinya Rp350 ribu. Selesai satu hari bayar Rp275 ribu, tiga hari Rp200 ribu dan Rp100 ribu bagi yang ingin selesai lima hari kerja. Bagi WNA, bayar dua kali lipat.

Penerapan pembuatan KTP Ekspres itu, bertujuan memberikan pilihan-pilihan kepada masyarakat. Bagi yang ingin mendapatkan pelayanan standar, bisa juga. Selesainya 14 hari kerja, terhitung sejak diterimanya permohonan lengkap di kelurahan.

Pembuatan KTP baru dan perpanjangan KTP selesai 14 hari kerja itu juga tak lagi gratis. Retribusi pembuatan KTP baru Rp50 ribu, perpanjangan Rp25 ribu dan Rp35 ribu untuk penggantian KTP. Selain mengatur soal KTP dan KK, Ranperda baru itu juga memuat hal-hal lain yang berhubungan dengan administrasi kependudukan.Seperti pembuatan kutipan akta kelahiran anak dan lainnya.

Jauh sebelum Ranperda diajukan ke DPRD, rencana penerapan KTP Ekspres sudah pernah diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika. Waktu itu, Ria bersama rombongan Pemko baru pulang dari kunjungan kerja ke Balik Papan. Di sana, sudah lebih dahulu menerapkan pembuatan KTP Ekspres. ”Kami akan mendengarkan suara-suara di masyarakat. Kalau banyak mendukung, bisa saja (KTP Ekspres) diterapkan di Batam,” katanya.

Berarti, kalau banyak yang tak mendukung, rencana itu tak akan dilakukan. Cukup demokratis, kan?****

Leave a Reply

